RSS

SAHABAT LABIL
 
 
Punya sobat macam ini, memang bikin bingung. Gimana, nggak? Ia senang sekali berubah pikiran. Lima menit yang lalu, ngajakin nonton. Ehh… begitu sampai di loket bioskop, tiba-tiba nggak mood dan pengin karaoke. Itu baru kasus ringan! Dalam hal perasaan, dia juga kerap labil. Alhasil, kita yang jadi tempat curhat, ikut bingung harus kasih solusi apa. Hmm, gimana ya, caranya menghadapi sobat labil begini?

Arahkan Apa Maunya
Biasanya, sobat nggak bisa membuat keputusan karena ia sendiri nggak tahu apa yang paling ia inginkan. Makanya, kepala sobat pun dipenuhi banyak pilihan. Nah, untuk meringankan bebannya, ajak ia menyortir lagi pilihan itu. Misalnya dengan bertanya apa yang membuat sobat bingung atau membuat untung-rugi dari setiap pilihan yang ia punya.

Sebetulnya Nggak PeDe
Bisa jadi, sobat sebenarnya nggak percaya diri untuk membuat pilihan. Ia takut jika keputusannya salah atau nggak menyenangkan hati semua pihak. Beri kesempatan seluasnya ke sobat untuk memilih apapun yang ia suka. Dan tegaskan pula, bahwa kita sama sekali nggak keberatan dengan pilihan dia. Hitung-hitung, melatih sobat membuat pilihan juga, kan?

Kasih Batasan Waktu
Cara ini memang sedikit sadis, tapi cukup efektif di situasi yang sifatnya urgent. Jika sobat mulai labil, katakan ke dia bahwa kita memberinya kesempatan berpikir dengan waktu yang kita tentukan. Misalnya nih, sobat lagi bingung memilih baju ke pesta. Bilang saja ke dia, “Kalau setengah jam lagi kamu nggak siap, aku pergi duluan, ya!” Jangan lupa untuk mengucapkan ultimatum ini dengan nada tegas dan sopan.

0 komentar:

Posting Komentar